UNIT IV: STADION TENIS


Stadion Tenis Gelora Bung Karno merupakan bangunan dan wilayah yang dibangun bersamaan dengan fasilitas olahraga lainnya dalam menghadapi Asian Games IV 1962 ini sangat besar andilnya dalam dunia olahraga khususnya dalam olahraga tenis lapangan. Di Stadion Tenis inilah lahir juara-juara nasional kebanggaan bangsa Indonesia. Stadion Tenis dalam dalam perkembangannya telah mengalami penambahan fasilitas dan perubahan lapangan untuk mengikuti perkembangan teknologi dalam bidang tenis baik secara teknis maupun secara fasilitasnya sehingga saat ini Stadion Tenis GBK sering digunakan untuk event-event tingkat dunia.

STADION TENIS OUTDOOR


Stadion Tenis Outdoor GBK merupakan sebuah bangunan terbuka yang memiliki fasilitas:
    - Luas arena 45m x 45m
    - 2 buah lapangan tenis berbahan Flexi
    - Tribun 5.000 penonton
    - Lampu berstandar Internasional



Selain untuk olahraga Tenis, Stadion Tenis Outdoor GBK juga dapat digunakan untuk kegiatan olahraga lain maupun kegiatan nonolahraga.



STADION TENIS INDOOR

Stadion Tenis Indoor Gelora Bung Karno merupakan sebuah bangunan tertutup yang memiliki fasilitas:
    - Luas arena 30m x 30m
    - Tribun 3.300 penonton
    - AC Sentral
    - Lampu penerangan sebesar 63.000watt



Selain untuk olahraga Tenis, Stadion Tenis Indoor GBK juga dapat digunakan untuk kegiatan olahraga lain maupun kegiatan nonolahraga.



LAPANGAN TENIS REBOUND ACE


Merupakan lapangan terbuka dimana saat ada pertandingan tenis, lapangan ini dipakai sebagai fasilitas untuk pemanasan bagi para atlit yang akan bertaning. pada hari-hari biasa, lapangan ini disewakan untuk umum. Lapangan yang menggunakan bahan Rebound Ace berjumlah enam buah lapangan.

LAPANGAN TENIS GRAVEL
Merupakan lapangan tenis dengan bahan gravel yang sangat cocok untuk pembinaan prestasi pemain tenis. Jumlah lapangan yang menggunakan bahan gravel berjumlah 12 buah lapangan dengan standar internasional dan dapat dipakai baik pada siang hari maupun malam hari.

STADION MADYA


Merupakan stadion atletik yang terletak disebelah utara Stadion Tenis Gelora Bung Karno. Pada masa perhelatan Asian Games IV 1962, lapangan ini digunakan sebagai lapangan latihan atletik dan sepakbola peserta Asian Games IV 1962.



Pada tahun 1987, lapangan ini mengalami peremajaan menjadi stadion khusus atletik bernama Stadion Madya yang mempunyai dua buah tribun dengan kapasitas 18.000 penonton dan lintasan atletik yang terbuat dari bahan sintetis dengan standar IAAF, begitu juga dengan sarana penunjang seperti lampu penerangan, lapangan pemanasan, ruang beban, dan ruang ganti yang juga berstandar internasional.



0 Komentar